Error
  • JFolder::create: Could not create directory Path: /home/sites/fakultas/pasca/subpasca/klh/public_html/cache/template

Program Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Manajemen Lingkungan Di Bantaran Sungai Citarum

Written by Admin on . Posted in Uncategorised


Sesuai dengan komitmen perguruan tinggi dalam progran penanggulaan dan pencemaran Sungai Citarum, Program Studi Magister Manajemen Lingkungan Universitas Pakuan menyelenggarakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di bantaran Sungai Citarum di anak sungai Cikao Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.

Program yang dilaksanakan selama 8 – 16 Desember 2018 dibuka secara langsung oleh Dr. Bibin Rubini, Rektor Universitas Pakuan.

Program terdiri dari Penanaman Pohon secara massal, Pendidikan Lingkungan, dan infrastruktur penyediaan air bersih. Kegiatan ini juga merupakan kerjasama antara pihak antara lain,  Kodim 0619 Purwakarta, PT. Berkah Alzico Antalatika, dan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta, Kecamatan Jatiluhur.

Seluruh rangkaian kegiatan PKM penanaman pohon dimulai oleh survey dengan bertemu para tokoh masyarakat di Kelurahan Cisalada dan Kelurahan Parakanlima pada tanggal 30 November 2018. Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Prodi Manajemen Lingkungan, Camat Jatiluhur, Kepala Desa Cisalada, Wakil Kodim 0619, dan Babinsa. Hal-hal yang didiskusikan antara lain tata laksana penanaman, waktu dan lokasi penanaman, dan keterlibatan masyarakat. Prodi Manajemen Lingkungan di wakili oleh Dr. Yossa Istiadi, Dr. Natalis Situmorang, dan mahasiswa angkatan 2017 Anang Wisnu.

Akhirnya disepakati penanaman berada di area kawasan Cikao yang memiliki kondisi lahan yang belum terkelola dan gundul, serta keberadaan sumber air bersih bagi warga. Penanaman berada di luas area 1 hektar terdiri dari tanaman buah, tanaman keras, dan tanaman pelindung. Tumbuhan tersebut adalah Pohon Sirsak, Jambu Biji, Mahoni, Gmelina, dan Trembesi.

Daerah ini berada pada ketinggian 450 mdpl dan sebelumnya meruapakan kawasan hutan industri yang sudah dialih fungsikan sebagai kawasan industri di Kabupaten Purwakarta. Mengingat kawasan ini sebagai wilayah tangkapan air dengan beberapa sumber mata air, maka seharus tetap dilestariakn fungsi-fungsi ekologisnya.

Artikel selengkapnya bisa unduh di bawah ini :

Download File (Pdf)
Size :
133 MB

pic1

UK Bookamekrs http://gbetting.co.uk Free Bets